Pemerintah Buat Roadmap untuk Platform Online Produk Lokal

 

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, pemerintah akan membikin suatu platform untuk menampung para pelaku usaha kecil atau Industri Kecil Menengah (IKM) untuk dapat menjual produknya.

Platform ini disinyalir akan memudahkan para IKM Indonesia secara khusus tempat untuk dapat masuk ke marketplace (warung online) besar untuk menjalankan penjualan online (e-commerce). Pasalnya, nantinya IKM yang masuk ke platform pemerintah ini telah lulus akreditasi untuk dapat masuk segera ke Lazada, Shopee sampai Tokopedia.

BERITA TERKAIT +
Matahari Mall Seller

Mendag menegaskan hal ini juga untuk meningkatkan penjualan produk lokal supaya tak keok dari produk asing di pasaran secara khusus online.

“CEO Blibli sampaikan dari 2,5 juta, cuma 100.000-200.000 yang lokal,” ungkap Enggar di kantornya, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Baca Juga: Gabung di Lapak Baru untuk IKM dan UKM Jualan Online, Apa Syaratnya?

Menurutnya, nantinya seluruh IKM jadinya dapat masuk di platform pemerintah namun dengan sebagian persyaratan yang masih dibicarakan oleh pihaknya. Kecuali itu untuk jumlah produk loka dan asing yang akan dimasukkan dalam e-commerce masih terus dibahas.

“Kita belum tetapkan kriteria sendiri. Nanti kita akan mintakan daftar UKM seperti apa. Kita akan mempertimbangkan tetapi diawali tak dengan aturan dahulu, diawali dengan ajakan, sesudah itu kita buat janji bersama berapa persen sih produk lokal, kategorinya apa, berapa persen untuk IKM dengan time bingkai, jadi semacam ada roadmap,” jelasnya.

Baca Juga: Kecuali Marketplace, Pemerintah Dipinta Pajaki Instagram Cs

Sementara itu, dikala membentuk roadmap nya, Mandag juga minta bagi marketplace untuk dapat mendatangi para pelaku usaha kecil dan tak cuma menunggu mereka datang.

“Kita juga meminta marketplace jemput bola, bukan cuma menunggu mereka datang,” tukas ia.

(kmj)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *